Caringin.desa.id – Konsistensi sejumlah pemuda Kampung Papisangan Desa Caringin Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi terhadap lingkungan patut diacungi jempol.

Para pemuda, Komunitas Pencinta Alam, dan Masyarakat RW 05 kembali menggelar aksi bersih-bersih lingkungan dengan menyasar aneka sampah pelastik di sungai, Sabtu (19/09/2020).

Menurut Koordinatur Komunitas, Aksi bersih-bersih itu digelar dalam rangka Hari Bersih Sedunia atau World Cleaning Up Day.

“Namun pada dasarnya, hampir setiap peka aksi bersih-bersih ini kami gelar. Namun kali ini aksi sengaja kami gelar bertepatan dengan Hari Bersih Sedunia,” Ujar Rosita.

Rosita mengatakan, Aksi bersih-bersih lingkungan tidak hanya berdasarkan moment tertentu tapi sudah menjadi kegiatan rutin anak muda beserta komunitas dalam menjaga lingkungan tetap bersih.

“kami jarang mempublikasikan karena menurut saya, pekerjaan yang nyata lebih baik dari banyak bicara namun taka ada hasilnya. Stop Pencitraan lingkungan,” Katanya.

Salah satu anggota komunitas, Muhammad, mengatakan aksi bersih-bersih dimulai dari pagi dengan diawali apel bersama dan membaca doa sebelum berangkat.

“Selain bersih-bersih pinggiran sungai, kamipun memberi edukasi bagi para warga agar tidak membuang sampah ke sungai dan bersama-sama menjaga lingkungan,” sahutnya.

Aksi pemuda dan komunitas ini mendapat apresiasi dari pihak kepala desa Caringin Iik Suryadi, berharap aksi nyata ini dapat membawa dampak positif bagi para pemuda, komunitas serta masyarakat.

“Semoga kegiatan ini membawa dampak positif bagi generasi muda khususnya, umumnya warga Kp. Papisangan. Kesadaran pun sangat diharapkan bagi warga kami, agar sungai terus diperhatikan, minimalnya tidak membuang sampah sembarangan,” tutupnya.

Bagikan Berita